Minggu, 01 Desember 2013

cara menumbuhkan rambut yang alami


Salah satu bagian aspek yang paling banyak menambah nilai plus dari suatu maksimal adalah rambut. Rambut bisa kita panjangkan, bisa diubah warnanya, atau menatanya dengan rapi. Cara menumbuhkan rambut yang alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini salah satunya adalah aloe vera atau lidah buaya.
Tanaman lidah buaya ini selain dikenal sebagai tanaman hias, namun tanaman ini juga sudah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang bisa dimanfaatkan secara internal dan juga eksternal. Secara eksternal. Bagian dari tanaman aloe vera ini adalah daunnya yang tebal dan mengandung gel yang berwarna bening ini mempunyai khasiat sebagai penumbuh rambut dan lendirnya juga bisa mengatasi masalah luka bakar, luka yang terjadi akibat sayatan dan juga karena bisul.
Cara menumbuhkan rambut yang alami dengan menggunakan bahan lidah buaya adalah dengan cara, gunakanlah bagian dalam dari daun lidah buaya ini dalam bentuk gel bening yang berbentuk seperti agar-agar. Kemudian digosokkan pada kulit kepala jika sudah melakukan madi sore, kemudian bungkuslah dengan kain, dan keesokan harinya rambut dicuci. Setelah itu, pemakaian juga bisa dilakukan setiap harinya selama kurang lebih 3 bulan.
Untuk cara menumbuhkan rambut yang alalmi lainnya dengan menggunakan campuran dari minyak  zaitun panas. Minyak zaitun panas ini dicampur dengan 1 sdm madu, dan 1 sdt bubuk kayu manis yang dilakukan sebelum mandi. Caranya adalah dengan mengoleskan di kepala  dan kemudian didiamkan selama kurang lebih 5-15 menit, dan kemudian setelah itu bilaslah.
Cara menumbuhkan rambut dengan menggunakan madu dan minyak zaitun  dengan cara campurlah  1/2 gelas madu dan juga ¼ gelas minyak zaitun (atau gunakan 2 sdm minyak untuk jenis rambut yang normal). Kemudian olesilah rambut dengan menggunakan campuran madi dan juga minyak zaitun hingga benar-benar merata. Bukalah tutup kepala, kemudian keramaslah rambut sampai  bersih dan keringkan.


Zaman sekarang, banyak orang tidak memelihara mahkota mereka dengan cara yang tepat. Kalau saha rambut Anda tahu apa yang akan mereka hadapi, tak pelak mereka akan merontokkan diri mereka sendiri. Cara menumbuhkan rambut rontok dapat dilakukan dengan cara alami, tidak perlu membuang buang banyak uang pergi ke salon untuk mengatasi hal ini. Cobalah memilih bahan alami terlebih dahulu.
Meskipun rambut Anda sama sekali tidak terlihat berhubungan dengan organ dalam, seperti halnya pakaian dan perhiasan, setiap helai rambut memiliki pasokan darah sendiri. Oleh karena itu, kesehatan dan pola makan akan sangat mempengaruhi kondisi rambut. Hormon juga ikut mempengaruhi kondisi rambut. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kaum pria memiliki janggut dan rambut di dada serta kebotakan khas pria, sedangkan wanita tidak. Cara menumbuhkan rambut rontok yang tepat adalah dengan memahami terlebih dahulu struktur rambut Anda.
Rambut tersusun atas dua struktur yang berbeda yaitu folikel dan batang rambut (rambut diatas permukaan kulit). Bagian yang mirip saluran pada epidermis kulir, yaitufolikel, terletak dibawah permukaan kulit dan terus memanjang hingga lapisan dermis. Bagian dasar folikel mengandung sedikit pembuluh darah yang memberi nutrisi pada sel. Bagian yang hidup dari rambut adalah bulbus rambut (hair bulb) yang berada di dalam folikel rambut terdiri atas sel-sel pertumbuhan yang aktif (sel papila derma), sedangkan batang rambut yang tampak diatas permukaan kulit adalah bagian yang mati. Cara menumbuhkan rambut rontok, Anda bisa melakukannya dengan memperhatikan asupan makanan.
Mengonsumsi makanan yang bergizi untuk rambut adalah salah satu jalan untukmenumbuhkan rambut yang rontok. Konsumsilah kenari, biji lenan atau biji rami (flaxseed), alpukat, sarden, telur, susu (krim) dan teh hijau. Ini akan mencegah terjadinya kerontokan rambut dan kebotakan. Mengendalikan kadar hormon. Jika Anda mengalami kerontokan rambut secara tiba-tiba atau dalam jumlah banyak, mungkin tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Anda sebaiknya mengurangi dokter untuk melakukan pemeriksaan darah dan mengecek kadar hormon penstimulasi tiroid (TSH) dan hormon tiroid. Lebih baik mengatasi penyebab dari penyakit tiroid daripada mengatasi penyakit gejalanya.


Terkadang kerontokan rambut dapat diartikan sebagai fase dari pergantian rambut lama dengan rambut yang baru, namun gejala dari pergantian rambut ini terkadang membuat resah dengan rambut rontok hingga beberapa helai setiap harinya. Normalnya rambut yang rontok berjumlah 50-100 helai setiap harinya, karena disinyalir bahwa rambut manusia memiliki volume hingga 10.000 helai.
Rambut yang rontok dengan cara yang tidak alami misalnya, kerontokan rambut yang disebabkan oleh ketombe atau efek samping dari berbagai hal penyebab rambut rontok. Bukanlah hal yang gampang untuk mengembalikan atau menumbuhkan rambut kembali usai kerontokan rambut, rambut tumbuh dengan cara alami apabila memiliki kulit kepala yang sehat, kulit kepala serta nutrisi dan komponen pendukung dari pertumbuhan rambut, namun bagaimana apabila rambut tumbuh dengan cara yang lamban?? pastinya memerlukan bantuan atau obat-obatan khusus serta perawatan untuk menumbuhkan rambut kembali yang terkadang kita salah dalam memilih perawatan rambut, alhasil rambut menjadi rusak dsb.
a. Nutrisi rambut
Rambut perlu nutrisi yang seimbang serta komponen pendukung lainnya, untuk menumbuhkan rambut terkadang seseorang menggunakan shampoo penumbuh rambut yang dijual dengan berbagai merk yang menjamur dipasaran. Adapula yang menggunakan berbagai bahan perawatan rambut dengan banyak mengandung bahan kimia buatan dan campuran bahan berbahaya lainnya.
Padahal masih ada cara alami yang dapat ditempuh untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok, salah satunya pemberian nutrisi alamiah pada rambut dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang umumnya banyak digunakan untuk pelengkap dari bumbu masakan, misalnya kemiri, ginseng, alpukat, jeruk nipis, minyak zaitun, buah kelapa dsb.
Dengan menggunakan ramuan herbal yang memang sudah sejak lama dikenal dan digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari mencegah, mengatasi dan menyembuhkan penyakit, tak hanya penyakit saja yang dapat dibantu oleh bahan herbal. Herbal yang diketahui tidak memiliki efek samping yang berbahaya apabila mengetahui dan mengerti dalam penggunaan dan pengolahannya. Kemampuan obat herbal yang berfungsi sebagai penekan dari gejala, mencegah, mengatasi dan meningkatkan mekanisme penyembuhan secara alami dari tubuh untuk mengatasi akar permasalahan.
Akan tetapi dengan menggunakan atau mengkonsumsi obat herbal saja tidak cukup efektf harus dilandasi oleh kedisiplinan diri mulai dari perubahan gaya hidup yang sehat, larangan akan mengkonsumsi suatu jenis makanan, serta diet yang sehat adalah kunci dari sebuah keberhasilan menjaga dan merawat diri dari serangan penyakit apapun. Seperti halnya rambut yang juga memerlukan perhatian dan perawatan yang sama layaknya anggota tubuh lainnya, salah satunya dengan pemberian nutrisi yang cukup agar sel-sel dermal papilla di folikel akar rambut dapat tumbuh secara optimal. Karena akar rambut adalah pondasi atau tiang dari pensuplai makanan bagi rambut yang harus cukup dengan vitamin, mineral, gizi dan komponen nilai gizi lainnya.
Selain pemberian nilai nutrisi dan komppnen gizi yang seimbang, rambut juga harus selalu terjaga akan kebersihan dan kesehatannya. Dengan intensitas keramas yang teratur yakni 3-4 kali dalam seminggu mampu menjaga kebersihan rambut, tak lupa untuk memiliih jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki.
b. Perawatan rambut
Siapa yang tak ingin tampil cantik, sehat dengan pancaran wajah yang putih berseri indah menawan ditambah denga untaian rambut yang hitam, lebat dan sehat. Pastinya akan membuat diri kita menjadi pusat perhatian dari sejuta pasang mata. Namun tak sedikit wanit atau pria terkadang mengabaikan perawatan untuk tubuh dan rambut agar penampilan selalu terjaga dan terkesan mempesona.
Namun adapula para wanita yang rela menghabiskan sebagian dana untuk melakukan perawatan rambut disalon perawatan ternama dan terkenal yang ditangani para tenaga ahli dalam merawat rambut. Wanita merupakan objek utama dari berbagai masalah kecantikan, perawatan tubuh dari ujung rambut hingga kaki. Rambut rontok salah satunya, masalah kerontokan rambut sebagian besar menerpa pada wanita, walupun pria juga memiliki resiko yang sama.
Banyak wanita yang melakukan perawatan di salon kecantikan dengan penggunaan bahan kimia dalam perawatannya yang sering kali tidak diketahui hingga menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya bagi kelangsungan hidup rambut. Sebenarnya kunci dari keindahan rambut itu sendiri terletak bagaimana cara kita merawat rambut baik ketika rambut rontok, menumbuhkan rambut pasca kerontokan yang disebabkan oleh berbagai hal.
Banyak cara yang dapat ditempuh sebagai salah satu upaya dari menjaga keindahan rambut salah satunya cara tradisional adalah menggunakan bahan herbal yang mudah didapat seperti biji kemiri, minyak jarak pagar, minyak zaitun, alpukat, jeruk nipis, teh hijau dll yang memang sudah diketahui memiliki segudang manfaat. Bahan-bahan hebrbal tersebut juga dapat digunakan sebagai herbal untuk menumbuhkan rambut yang rontok, menumbuhkan rambut yang botak, dan memperkuat akar rambut dan membantu merangsang pertumbuhan dari sel-esl pembentuk rambut baru.


Usia tidak selalu menjadi suatu alasan mengapa terjadi kerontokan rambut, penurunan fungsi organ tubuh, menurunnya tingkat kesehataan. Rontok merupakan salah satu gangguan dari kerusakan rambut yang hampir semua orang mengalaminya. Namun masalah kerontokan rambut hingga berujung pada tampilan dan volume rambut yang menjadi kian berkurang dan semakin menipis, dapat dicegah dan diobati untuk mendapatkan kembali pertumbuhan rambut dengan menggunakan bahan alami tanpa khawatir efek sampping negatif.
Berikut ini adalah bahan herbal yang dapat digunakan sebagai obat untuk merangsang pertumbuhan rambut, diantaranya :
1. Gingko Biloba
Gingko Biloba yang umumnya banyak dikenal masyarakat untuk pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan otak ternyata mempunyai hubungan yang sangat erat dengan rambut. Gingko biloba dapat digunakan sebagai salah satu herbal yang dapat menumbuhkan rambut dan menguatkan akar serta batang rambut. Gingko biloba yang merupakan obat herbal yang berasal dari Cina yang sering digunakan para pendukung Cina untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Gingko biloba cukup dengan dioleskan di kulit kepala secara merata kemmudian dipijat halus agar gingko biloba diserap oleh akar rambut. Kemudian cuci rambut hingga bersih dengan shampo yang biasa digunakan. Gingko biloba mudah diperoleh pada toko obat atau apotik.
2. Kulit apel
Buah apel yang diperkaya akan polifenol dan beberpa vitamin ternyata juga sangat baik sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut dan memberi nutrisi pada kulit kepala. Bagian dari buah apel yang dapat dimanfaatkan untuk penumbuh rambut adalah kulit apel. Kulit apel yang juga mengandung beberapa vitamin ini juga dapat dimanfaatkan untuk menumbuhan rambut dengan sempurna dan melancarkan aliran darah dikulit kepala. Dengan cara: menghaluskan kulit apel, lalu oleskan pada rambut dari bagian kulit kepala kemudian diamkan sejenak hingga 20 menit, lalu bilas dengan bersih tanpa menggunakan shampo.
3. Teh hijau
teh hijau yang kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menumbuhkan rambut dan melancarkan aliran darah di sekitar kulit kepala sehingga membantu pertumbuhan rambut denan cepat dan sehat. Dengan cara : seduh teh hijau dengan sedikit air hangat, kemudian oleskan teh hijau pada kulit kepala dan seluruh rambut lalu balut rambut dengan handuk bersih biarkan hingga 20 menit, lalu cuci dengan bersih.

Kini dipasaran sudah menjamur berbagai macam produk mulai dari produk kecantikan, perawatan wajah, rambut dari ujung kaki hingga ujung kepala. Namun banyak produk yang dijual bebas dipasaran sudah banyak mengandung bahan kimia buatan, dan bahan campuran lainnya hingga hasil yang diberikan tidak cukup baik dan bertahan lama. Seperti halnya perawatan rambut rontok dan berketombe berapa banyak merk shampo yang telah beredar dipasaran yang menjanjikan dapat mengatasi masalah kerontokan rambut hingga rambut berketombe?
Rambut yang rontok pastinya akan tumbuh kembali, namun bagaimana jika pertumbuhan rambut berjalan lebih lambat dari pertumbuhan rambut normal?
Berikut ini akan diberikan cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang menggunakan bahan herbal alami yang pastinya aman tanpa efek samping merusak rambut, diantaranya :
1. Minyak zaitun
Minyak zaitun yang masih termasuk dalam bahan rempah alami yang biasa digunakan sebagai pengganti dari minyak goreng dan pelengkap dari resep makanan tertentu, ternyata memiliki manfaat sebagai minyak untuk menumbuhkan rambut dari kerontokan. Minyak zaitun tidak hanya dapat digunakan untuk membantu proses pertumbuhan rambut, tetapi dapat pula untuk menyehatkan kulit kepala. Dengan cara meneteskan 4-5 tetes minyak zaitun usai keramas, pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Untuk hasil maksimal gunakan minyak zaitun pada malam hari agar kandungan minyak zaitun meresap sempurna kedalam akar rambut dan jaringan di bagian permukaan bawah rambut. Kemudian keesokan harinya keramas dengan bersih hingga tak ada lagi minyak yang tersisa.
2. Telur
Telur yang diperkaya dengan kandungan protein dan vitamin B12 juga dapat digunakan untuk membantu menumbuhkan rambut. Dengan cara ambil bagian kuning telur kemudian taruh kedalam wadah, ambil dengan sedikit demi sedikit sambil dioleskan ada kulit kepala hingga merata, kemudian pijat dengan perlahan kurang lebih 10-15 menit. Usai dipijat keramaslah dengan sempurna hingga bau amis telur menghilang dari rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sebanyak 4 kali dalam seminggu.
3. Santan Kelapa
Santan kelapa yang memang sejatinya digunakan sebagai bahan campuran dari beberapa jenis makanan bersantan, ternyata juga dapat difungsikan sebagai salah satu bahan alami untuk menumbuhkan rambut, santan kelapa berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara ambil kira-kira 300-500ml santan kepala, kemudian sisirkan santan kepala mulai dari bagian kulit kepala hingga ujung rambut secara perlahan dan merata untuk mempermudah gunakan sisir yang bergigi jarang. Kemudian bungkus rambut yang sudah dilumuri santan kelapa dengan handuk bersih lalu diamkan sejenak hingga 20 menit. Setelah itu bilaslah rambut dengan air dingin. Lakukan perawatan rambut ini secara rutin 3-4 kali dalam seminggu. Kemudian lihatlah hasil yang diperoleh tidak hanya rambut yang tumbuh semakin lebat, namun membuat rambut terlihat berkilau alami.
4. Minyak kelapa
Umumnya minyak kelapa banyak digunakan sebagai obat untuk perawatan rambut untuk menghilangkan ketombe, mengatasi kerontokan rambut, menebalkan rambut dan perawatan rambut lainnya. Ambillah minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan mulai dari kulit kepala hingga bagian ujung rambut. Pastikan seluruh bagian kulit kepala sudah diolesi minyak kelapa dengan rata, pijat perlahan agar minyak kelapa diserap baik oleh akar rambut. Pijat hingga 15 menit, kemudian keramas seperti biasa. Tak hanya pertumbuhan rambut yang semakin cepat dan tebal, namun juga dapat membantu menghilangkan ketombe yang menjadi salah satu penyebab dari kerontokan rambut.


0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes